Sasar Pengunjung Acara Car Free Day , Ditlantas Polda Riau Gelorakan Budaya tertib Lalu Lintas.

Sasar Pengunjung Acara Car Free Day , Ditlantas Polda Riau Gelorakan Budaya tertib Lalu Lintas.

Spread the love

Riau//ANGKATBERITA.Com – Minggu pagi  12 Februari 2023, Ditlantas Polda Riau bersama Satlantas Polresta Pekanbaru kembali menggelar kegiatan Sosialisasi dan  Kampanye Keselamatan pada Acara Car Free Day jl.Jendral Sudirman Pekanbaru.

Kegiatan berlangsung dari jam 06.30 wib dimulai dari apel bersama s/d selesai dengan berbagai kegiatan  dalam rangka menumbuhkan Budaya Tertib Lalu lintas untuk keselamatan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan  diantaranya ; penyampaian informasi keselamatan berlalu lintas, Senam Zumba bersama Yamaha dan senam  Satlantas Polresta Pekanbaru dan Ditlantas Polda Riau, Pawai keselamatan berlalu lintas bersama komunitas sepatu roda Pekanbaru dan personil polisi lalu lintas membagikan brosur/ stiker kepada pengunjung car free day, Kuis lalu lintas dan pemberian hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan berupa helm SNI serta hiburan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Wadir Lantas Polda Riau AKBP Donny Eka Syaputra, Kepala Cabang Jasa Raharja, personil Ditlantas Polda Riau dan personil Satlantas Polresta Pekanbaru.

Dirlantas Polda Riau melalui Wadir Lantas Polda Riau AKBP Donny Eka Syaputra menyebutkan kegiatan senam bersama pada Acara Car Free Day ini adalah salah satu cara Ditlantas Polda Riau dalam menggelorakan budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 mengedepankan fungsi lalu lintas ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. “Dengan harapan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas”, lanjut Donny.

Adapun yang menjadi sasaran prioritas Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 ini adalah pelanggaran yang kasat mata dan berpotensi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan. Di antaranya, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, berboncengan lebih dari satu, berkendara melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah umur, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan menggunakan handphone saat berkendara

“Kami akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara humanis dan persuasif,” ujar Donny.

Ia menambahkan, operasi ini juga digelar dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas jelang memasuki Bulan Ramadhan disusul Hari Raya Idul Fitri 1444 H 2023.

“Kami menghimbau Mari bersama-sama kita dukung Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 dengan cara tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas.” Keselamatan adalah yang pertama dan utama, mari Budayakan Tertib berlalu lintas; tutupnya ( LG )