“PPKM Dicabut”, Pemda Kaur Ikuti Zoom Metting

“PPKM Dicabut”, Pemda Kaur Ikuti Zoom Metting

Spread the love
Foto: Pemda Kaur Ikuti Zoom Metting

Bengkulu||Angkatberita.com -Pemerintah Pusat secara resmi mengumumkan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diseluruh wilayah NKRI. Pernyataan tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi sejumlah Kementerian dan Lembaga diantaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Nasional, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Jakarta.

Kegiatan tersebut di ikuti secara daring oleh seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kaur Kegiatan ini diikuti secara Virtual melalui Zoom Meeting yang dihadiri Bupati Kabupaten Kaur, H. Lismidianto, S.H., M.H yang diwakili langsung oleh Kepala Dinas dan Badan seperti Kepala Dinas Kesehatan Darmawansyah, Kepala BPBD Jon Harimol, Sekdis Perindagkop, Hayan Wiyanto dan Kabid. P2P, Pedli Siantari. Bertempat di Ruang Staf Ahli lantai III Sekretariat Daerah, Senin (02/01/2023).

Pencabutan PPKM tersebut bukan serta merta bahwa Covid -19 di Indonesia telah berakhir, namun pencabutan PPKM ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas secara normal dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan serta tetap waspada dan membiasakan melakukan pola hidup sehat untuk melawan segala jenis virus dan penyakit yang akan menyerang fisik.

Dikutib sebelumnya pada laman web ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id (30/12/22), bahwa Presiden Jokowi didampingi Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Negara pada Jumat, 30 Desember 2022. Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah telah mendapatkan masukan dari para ahli dan juga mengkaji beberapa indikator selama lebih dari 10 bulan seperti kasus harian, positivity rate, angka kematian, perawatan rumah sakit melalui bed occupancy rate (BOR) yang seluruhnya berada di bawah standar WHO.

Pengumuman Jokowi tersebut sekaligus mencabut Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022 terkait pelakanaan PPKM, dan diganti dengan Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Pada Masa Transisi Menuju Endemi yang diterbitkan hari ini (30 Desember 2022).

Dijelaskan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal, bahwa pencabutan PPKM ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak untuk mengendalikan laju penyebaran Covid-19 yang dapat dikendalikan dengan baik. Selain itu, Safrizal juga mengajak masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada dalam menghadapi risiko penularan.

(Yayan)