PPDK, Berikut Keterangan Korsek Bawaslu Kaur

PPDK, Berikut Keterangan Korsek Bawaslu Kaur

BengkulullAngkatberita.com, Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 1 Tahun 2020 tentang tata kerja dan pola hubungan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, PPDK/PPL, PPLN dan Pengawas TPS, memberikan arah petunjuk yang sangat jelas kepada PPDK (Panitia Pengawas Desa/Kelurahan) atau PPL, dalam melaksanakan fungsi sosialisasi, pengawasan, pencegahan dan penindakan serta melaksanakan fungsi pemantauan dan pembinaan kepada pengawas TPS.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur telah melaksanakan beberapa tahapan dalam menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang. Seperti; Perekrutan PPK yang saat ini sudah berlantik pada tanggal 4 Januari 2024 yang lalu. Sedangkan PPS, dalam sedang berjalan pelaksanaan Tes CAT mulai tanggal 09 Januari 2023 sampai dengan 10 Januari 2023. Namun, Panitia Pengawas Desa dan Kelurahan (PPDK) belum sama sekali terdengar di mata publik, kapan perekrutannya.

Siapa yang mengawasi PPS kalau PPDK belum di bentuk ? Demikian rumor yang terbangun.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kaur, Sisanto saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan PERBAWASLU belum ada dan silahkan tanyakan dengan Komisioner Bawaslu.

“Silahkan tanya ke komisioner Bawaslu langsung, tapi sampai saat ini belum ada Perbawaslu yg masuk pada kami mengenai rekrutmen PPDK”, ujarnya. Senin (09/1/23).

Sambung Korsek Bawaslu Kaur, Sisanto itu tanggung jawab Panwascam.

“Sepengetahuan saya itu tanggungjawab panwascam”, tutupnya kepada beberapa awak media.

Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2022 tentang PERUBAHAN KETIGA ATAS PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 19 TAHUN 2017 TENTANG PEMBENTUKAN, PEMBERHENTIAN, DAN PENGGANTIAN ANTARWAKTU BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM PROVINSI, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KABUPATEN/KOTA, PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KECAMATAN, PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KELURAHAN/DESA, PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM LUAR NEGERI, DAN PENGAWAS TEMPAT PEMUNGUTAN SUARA

(Yayan)