Pemerintah Kabupaten Nias Utara Berupaya Penanganan Terhadap Kapal MT, AASHI yang terdampar diperairan Desa Humene Sihene’Asi Kecamatan Tugala’oyo Kabupaten Nias Utara

Nias Utara, (Sumut)
Angkatberita.com_, Informasi ini berasal dari Masyarakat Desa Faekhuna’a Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara tentang adanya Kapal Tanker (Asing) terdampar di wilayah perairan Humene Sihene’asi Kecamatan Tugala’Oyo Kabupaten Nias Utara

Setelah mendapatkan informasi lanjut
Personil KPLP UPP Lahewa bersama personil Pos AL Lahewa, Personil Koramil O5 Lahewa, Personil Sat Polair Polres Nias berangkat menuju lokasi tersebut. Kapten Kapal menjelaskan Kapal Tanker yang terdampar bernama MT AASHI dengan Nomor IMO 9516715 OFFICIAL NO. 393684 OFFICIAL NO. 290234 REGISTER GABON dengan Jumlah Kru/Abk Kapal sebanyak 20 Orang terdiri dari 1 (satu) orang Kapten dan 19 Abk Kapal berkewarganegaraan INDIA,

Adapun terdamparnya Kapal Tanker tersebut pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 sekitar Pukul 05.00 Wib yang disebabkan adanya Kerusakan/Kebocoran Body Kapal yang tidak terkendali ( Force Majeur) tepatnya pada bagian Haluan Kapal Sebelah Kanan yang di sebabkan hantaman ombak dan kondisi sudah Berkarat.

Adapun muatan dalam Kapal Tanker Tersebut yakni Bahan Mentah Aspal (BINTUMEN) yang dibawa dari Pelabuhan KHOR FAKKAN/ANCH Negara UNI EMIRAT ARAB ( UEA) yang berangkat pada 19 Januari 2023 yang akan di kirim ke Wilayah Padang dan Sibolga.
Rabu tanggal 15 Januari 2023 Pukul 13.00 s.d 16:00 Wib di Kantor KPLP Lahewa.

Danposal lahewa Letda Laut (P) Jonni Wanto Harefa Mengadakan rapat Kordinasi dengan instansi terkait. Dalam rangka adanya pencemaran lingkungan maritim yang disebabkan kebocoran kapal Tangker MT. AASHI yang terdampar di desa Faekhuna’a Kec. Afulu kab. Nias Utara pada tanggal 11 Januari 2023 bertempat di kantor posal lahewa.

Daftar nama yang ikut serta rapat kordinasi. Pgs Danposal lahewa Letda Laut (T) Jonny Wanto Harefa,Pasop lanal Nias Letda laut (P) Rozi,Kepala Upp Lahewa BPK Wasfina
Distrik Navigasi Tipe A kls III Sibolga Setiaman Zendrato.
Keagenan PT.RBS Rihardi
Kasat Polairud Polres Nias AKP Y. Lase
Syahbandar belum menerima surat tertulis adanya accident MT. Aashi.
Hal ini bukan kasus kecil Aksi Penanggulangan segera Dilaksanakan karena tumpahan sudah meluas
Penanggung jawab belum ada surat pertanggung jawaban belum dilayangkan
Penunjukan ke agenan dan MOU blm jelas
Pemilik kapal sampai saat ini tidak ada menemui All Parties Pihak pemilik kapal tidak mengikuti arahan Agen.

Penanggung jawab belum ada surat pertanggung jawaban belum dilayangkan
Adanya Orang Asing bertindak sendiri menuju ke Kapal menyalahi aturan dari Otoritas Setempat
Evakuasi ABK Di prioritaskan
Penanganan Pencemaran Secepatnya
Kamis, 16 Februari 2023, Pukul : 08.30 WIB s/d 20.30 WIB, Perairan Tugala Oyo
Personil Sat Polairud melakukan epakuasi kru ABK kapal MT AASHI yg terdampar dengan TIM gabungan oleh Danpos AL , Polsek Lahewa, Basarnas, UPP KLS III Lahewa Perangkat Desa dan warga masyarakat Desa

Sampai saat ini epakuasi terhadap 20 orang Kru ABK MT AASHI telah berhasil di selamatkan dari pantai dan di bawa menuju balai desa Faikhuna’a dalam keadaan sehat , personil sat polairud, TNI AL ,polsek lahewa UPP Kls III Lahewa,Basarnas masih standby di lokasi desa Faikhuna’a tepatnya di balai desa.
Telah di lakukan pengecekan kesehatan terhadap 20 orang Kru ABK kapal MT AASHI team kesehatan yang diturunkan dari BAKES LANAL NIAS situasi sampai saat ini aman dan terkendali.
Ditemukan dampak tupahan ASPAL di Lokasi pantai Terdamparnya Kapal MT AASHI Berada di Perairan Desa siwawe kec. tugalaoyo Kab. Nias Utara,kurang lebih 10km arah Utara dan 10km arah barat kab.nias Utara .
Jumat – Sabtu, 17 – 18 February 2023
Pemda Nias Utara melalui Surat Bupati Nias Utara Nomor 523/427/DISKAN/II/2023 tentang permintaan Permintaan Pertanggungjawaban Atas Dampak Pencemaran Lingkungan yang disebabkan oleh Tumpahan Bahan Mentah Aspal dari Kapal Tangker MT. AASHI di Perairan Kab. Nias Utara Provinsi Sumatera Utara, Indonesia kepada AL PHOENIX SHIP MANAGEMENT FZE, selaku manajemen kapal MT. AASHI. Tembusan Kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumatera Utara.

Senin, 20 Februari 2023
Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Nias Utara dan UPT. PSDKP KKP Lampulo Bersama-sama ke lokasi kapal kandas di perairan Desa Humene Sihene’asi Kec. Tugala oyo Kab. Nias Utara, tepat berada sejauh 300 meter dari pantai.
Pencemaran semakin meluas hingga radius 50 km, menembus sampai sekitar Kawasan konservasi (Perairan Toyolawa – Lahewa), dan mengancam sepanjang panjang pantai yang menjadi pendaratan penyu dari pantai tugala oyo hingga pantai faekhuna’a Kec. Afulu.

Penanggulangan pencemaran masih belum ada tindakan baik dari pemilik kapal maupaun stakeholder terkait.
Hal ini Berdampak kepada nelayan setempat tidak melaut dan kehilangan sumber mata pencarian dari melaut.
Hari ini Pemda Nias Utara akan kembali menyurati Pemilik Kapal dan stakeholder (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian BUMN/ Pertamina untuk mengambil tindakan cepat dalam penanggulangan pencemaran dan melalukan penyelidikan.

 

(Arman).

(Arman)