Kader Posyandu Ujung Tombak Cegah Stunting.

ANGKATBERITA.com.| Siak Sri Indrapura – Sebagai struktur terkecil dan terdepan dari pelayanan kesehatan dari pemerintah, posyandu bisa menjangkau masyarakat secara langsung. Posyandu juga dapat mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Siak Husni Merza saat menyampaikan sambutan di depan ribuan keder Posyandu, dalam acara penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada seribu Posyandu yang ada di enam kecamatan, di kabupaten Siak, bertempat Gedung Daerah, Minggu (8/1/2023) pagi.

Husni menambahkan meski angka stunting kabupaten Siak termasuk yang terendah di Riau. Namun pihaknya terus melakukan intervensi dengan berbagai cara. Baik melalui program di Dinas Kesehatan sendiri, termasuk kolaborasi antara Tim Penggerak PKK kabupaten yang di ketua Hj Rasidah Alfedri bersama forum CSR juga di dukung Pihak Swasta dan BUMD.

Keder posyandu merupakan ujung tombak dalam mencegah dan menurunkan angka stunting. Ia berharap dengan bantuan yang diberikan, para kader posyandu tambah semangat melayani warganya.

”Kami berharap dengan bantuan sarana alat kesehatan ini, para ibu kader Posyandu tambah semangat dalam memberikan pelayan. Semoga angka stunting akan terus menurun dengan semakin diberdayakan nya Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Karena Posyandu ujung tombak pencegahan stunting,”ucap Wabup Husni.

Wabup Husni juga mengucapkan terimkasih kepada manajemen Bank BRI atas program CSR nya dan wakil Rakyat Jon Erizal lewat sinergi dan kemitraan yang baik sehingga program ini terwujud.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten Siak mengapresiasi dan berterimakasih kepada pak Jon Erizal selaku anggota DPR RI dapil Riau satu yang telah membantu sarana kesehatan Posyandu di kabupaten Siak, semoga ini menjadi ladang amal bagi Jon,”kata dia

Anggota DPR RI Jon Erizal memberi spirit bagi Kader Posyandu,”Ibu-ibu harus bangga menjadi kader posyandu, karena peran ibu besar sekali, terutama dalam mengurus dan mempersiapkan generasi bangsa kedepan lebih baik, sehat dan cerdas, ini bukan kerja ringan,”paparnya.

Ia mengatakan warga yang ingin menyampaikan permohonan bantuan sampaikan dengan jujur dan apa adanya.”Karena dengan data yang ril, kami bisa berjuang di pusat, dan meyakinkan rekan-rekan di Kementrian terutama minta komisi VI, DPR RI,”pesannya.

Kader Posyandu Asal kecamatan Kerinci Kanan Murni (36) tahun mengucapkan terimkasih atas bantuan prasarana posyandu ini,”Alhamdulillah, kami mengucapkan terimkasih atas bantuan yang diberikan. Karena jarang kan kita dapat bantuan seperti ini,”kata Murni.

Bantuan sarana kesehatan di bagikan kepada 1000 Posyandu untuk Enam kecamatan itu,, kecamatan Mempura, Dayun, Sungai Apit, Bungaraya dan Kerinci Kanan. Adapun alat yang di bantu berupa, Kursi Plastik, Meja Set Boiler, Timbangan Digital dan Timbangan Gantung untuk balita, Termogen, Tensi Meter dan Speaker pengeras suara.@humasdiskominfosiak/penulis/07def. (LG)