Jaga Kerukunan, FKUB Kaur Ikuti Zoom Metting dengan Mendagri

Jaga Kerukunan, FKUB Kaur Ikuti Zoom Metting dengan Mendagri

BengkulullAngkatberita.com, Dalam upaya mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2024 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur bersama Instansi Vertikal mengikuti kegiatan Zoom Meeting tentang Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dirjen Politik dan PUM Dr. Drs. Bahtiar, M. SI dan dihadiri secara virtual oleh Sekretaris Daerah Dr. Drs. Ersan Syahfiri, M.M yang didampingi oleh Kaban. Kesbangpol. Noprin Aidi, Kadis Kominfo M. Jarnawi, Staf Ahli Hopa Lara, Kabag. Kesra Agus Supianto, Perwakilan Dinas Sosial, Edi Hermanto dan Kasi Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Kaur, Herli Suheri. HB, serta Komisioner BAWASLU Erma Gustina, bertempat di Ruang Staf Ahli Lantai III Sekretariat Daerah, Senin (9/1/2023).

Dalam Kegiatan tersebut ada beberapa hal yang harus di waspadai pada saat sebelum peleksanaan dan hari pelaksanaan Pemilu mendatang diantaranya; Manipulasi Agama, Penyimpangan Regulasi, Intoleransi dan Diskriminasi, Berita bohong/ Ujaran Kebencian serta Beragama Secara Ekstrem.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kaur, Noprin Aidi, S.IP., M.Si. menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya menjaga kerukunan demi suasana kondusif di wilayah Kabupaten Kaur.

“Menjelang Pemilu Serentak Tahun 2024 nantinya dapat membawa kebaikan dan kerukunan. Oleh karena itu, ini penting untuk diketahui tokoh-tokoh Agama kita untuk lebih teliti mengenai berita bohong, manipulasi Agama”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kesbangpol Kabupaten Kaur, Noprin Aidi, S.IP., M.Si., mengajak untuk menjaga nilai-nilai agama, jangan sampai dijadikan alat politik.

“mari kita jaga konsistensi nilai nialai agama sehingga jangan sampai agama dijadikan alat politik yg memicu perpecahan, mala sebaliknya para tokoh dan pemuka sgama harus mampu mengendalikan nilai demokrasi sebagai pemersatu bangsa, maka peran FKUB dalam pemilu damai sangat diharapkan menjadi penyejuk dan pemberi inspirasi positif dan kebaikan demokrasi yg berdasarkan pancasila”, pesan dan ajak Noprin.

(Yayan)