Inspektur Daerah Kaur, Harika. Hadiri Rakor APIP di Jakarta

Kaur (Bengkulu) – Angkatberita.com_, Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H., M.H yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Ir. H. Herwan didampingi Sekretaris Inspektorat – Harles Feferman, Kabag Ops Polres Kaur – Sultoni, KBO Polres Kaur – M. Rofiqun dan Babin Posmar TNI AL – Iwan Sismiran mengukuti kegiatan Rapat Koordinasi Inspektur Daerah seluruh Indonesia melalui zoom/ online, bertempat di Aula lantai III Sekretariat Daerah. Rabu (25/1/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI H. M. Tito Karnavian yang diselenggarakan di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta.

Rapat tersebut membahas tentang Peran Aparat Pengawas Internal Pemerinah (APIP) yakni untuk mencegah pelanggaran yang bersifat pidana maupun administratif, melakukan pemeriksaan baik reguler maupun khusus, memberikan pendampingan saat pemeriksaan eskternal yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Aparat Penegak Hukum (APH), ataupun pengawas lainnya, dan memberikan saran kepada pimpinan untuk tindakan hukum pada pegawai.

Sementara itu Inspektur Daerah Kabupaten Kaur, Harika menghadiri langsung pertemuan APIP se-Indonesia serta menyaksikan langsung penandatanganan MOU antara Mendagri, Jaksa Agung dan Kapolri (diwakili Kabareskrim) dalam rangka penguatan, sinergitas dan kolaborasi APIP dan APH.

(Yayan)