DKP Kaur; Kendalikan Inflasi, Kelolah dan Kembangkan Lahan Intensifikasi dan Ekstensifikasi.

DKP Kaur; Kendalikan Inflasi, Kelolah dan Kembangkan Lahan Intensifikasi dan Ekstensifikasi.

Kementerian Dalam Negeri RI yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian mengadakan Rapat Koordinasi Nasional tentang Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023. Rapat secara Nasional ini dilaksankan melalui zoom metting yang diikuti seluruh Daerah, Senin (9/1/2023).

Rakor ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Arsal Adelin, M. Pd yang sekaligus mewakili Bupati Kaur H. Lismidianto, S.H.,M.H dan didampingi oleh Kepala Bappeda-Litbang, Suhadi, Kepala Dinas PUPR, Ismawar Hasdan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Siswan dan Perwakilan BPS, Riwiyono. Bertempat di Aula Lantai III Sekretariat Daerah.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan beberapa arahan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka mengendalikan inflasi.

Menanggapi hasil Rakor tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kaur, Siswan, S.PKP saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, Pemerintah pusat harus mendorong disektor bidang pertanian seperti penanaman cabai, kedelai, jagung dan padi agar inflasi dapat terkendali, Rabu (11/01/23).

“Harapan Kami, agar Pemerintah Pusat dapat mendorong disektor bidang pertanian seperti; penanaman cabai, kedelai, jagung dan padi agar pengendalian inflasi dapat terlaksana”, tanggap Siswan, Rabu (11/01/23).

Di samping itu menurut Siswan, untuk menekan inflasi dapat dilakukan dengan memaksimalkan pengelolaan lahan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

“Tingkatkan Pengelolaan Lahan Intensifikasi dan Pengembangan Ekstensifikasi Daerah-daerah yang potensi”, jelasnya.

Untuk mengetahui kebutuhan dan produksi pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kaur mempunyai cara yakni dengan neraca Pangan.

“Dengan adanya neraca pangan kabupaten kaur , Kami tau kebutuhan dan produksi”, ungkap Siswan.

(Yayan)