Buka Festival Gasing Berembang, Wabup Husni “Semoga terlahir Penggiat dan pemain Gasing yang Handal”.

Siak//ANGKATBERITA.com – Setelah melaksanakan kegiatan Bujang Kampung di Kampung di Kampung Rawang Kao Barat, Kecamatan Lubuk Dalam. Wakil Bupati Siak Husni Merza kembali melanjutkan kegiatan dengan membuka Festival Gasing Berembang ke 2.

Festival Gasing Berembang ke 2 tersebut, dilaksanakan di Gelanggang Gasing Antan-Antan Ma’dun, sempena hari jadi Kampung Rawang Kao Barat, Kecamatan Lubuk Dalam, Jum’at (20/1/2023).

Dalam sambutannya, Penghulu Kampung Rawang Kao Barat, Kecamatan Lubuk Dalam yang juga ketua panitia Arifin, mengatakan Festival Gasing Berembang ke 2 ini merupakan salah satu dari kegiatan hari jadi Kampung Rawang Kao Barat ke 10.

“Alhamdulillah, dihari jadi Rawang Kao Barat kami menyelenggarakan beberapa kegiatan dan Open Turnamen, seperti Open Turnamen Sepak Takraw, Festival Gasing Berembang dan juga jalan santai yang akan di selenggarakan pada hari minggu besok”, ucapnya.

Masih kata Arifin, pada Festival Gasing Berembang ini, selain diikuti oleh Tim Tuan rumah, juga diikuti oleh 15 tim yang berasal dari Kecamatan Pusako, Kecamatan Koto Gasib, Kecamatan Siak, Kecamatan Tualang, serta tim dari Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengapresiasi dengan adanya inisiatif Penghulu Rawang Kao Barat dengan menggelar Festival Gasing Berembang yang merupakan permainan tradisional.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak dan juga mewakili bapak Bupati Siak, kami mengapresiasi dengan adanya Festival Gasing Berembang yang merupakan inisiatif dari Penghulu Kampung Rawang Kao Barat”, ucap Husni.

Permainan Gasing merupakan salah satu permainan tradisional, yang sekarang dimainkan tidak hanya oleh orang melayu, akan tetapi sudah dimainkan oleh semua orang.

“Dengan adanya Festival Gasing Berembang ke 2 ini, diharapkan Gasing sebagai permainan tradisional tidak akan hilang dan terus ada , serta bisa melahirkan Penggiat dan pemain Gasing yang handal serta bisa bersaing baik di iven tingkat Provinsi, maupun ditingkat Nasional nantinya”, harap Wakil Bupati Siak tersebut.

Editor : Liza.Giawa